MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Asisten Perekonomian Tomohon Lily Solang Hadiri FGD Rencana Induk Wisata Air Terjun Tekaan Telu

0
26

Tomohon, Makasiow.com – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Drs. Lily Solang, MM, yang mewakili Walikota Tomohon Caroll J. A. Senduk, SH, membuka Focus Group Discussion (FGD) mengenai pembahasan laporan akhir rencana induk daya tarik wisata Air Terjun Tekaan Telu di Hotel Villa Emitta Tomohon pada Kamis, (12/9/2024).

Dalam sambutannya, yang dibacakan langsung oleh Asisten 2, Walikota Tomohon mengungkapkan apresiasi terhadap kegiatan ini sebagai langkah strategis dalam pengembangan pariwisata kota. “Kegiatan focus group discussion pembahasan laporan akhir masterplan daya tarik wisata air terjun Tekaan Telu yang dilaksanakan hari ini sebagai salah satu concern dalam pengembangan kepariwisataan di Kota Tomohon,” tandasnya. 

Ia juga menjelaskan bahwa Tomohon termasuk dalam kawasan strategis pariwisata nasional, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 dan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2024. Daya tarik wisata ini, menurutnya, berpotensi besar dalam mendukung visi Kota Tomohon untuk menjadi kota wisata dunia.

“Daya tarik wisata air terjun tekaan telu merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Tomohon. Posisi yang strategis dimana terletak pada gerbang masuk Kota Tomohon serta memiliki pemandangan alam sangat menggoda para pengunjung serta memiliki jalur trekking, melewati perbukitan dan lembah mengikuti bentukan alam sehingga menyajikan suasana alam yang indah,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kota Tomohon mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf/Baparekraf dan tim ahli dari Universitas Sam Ratulangi Manado serta Universitas De La Salle Manado yang terlibat dalam penyusunan masterplan. Ia berharap FGD ini akan menghasilkan masterplan yang dapat menjadi acuan dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon.

Acara ini dihadiri oleh  Direktur Pengembangan Destinasi II, Bpk. Bambang Cahyo Murdoko, Mewakili Asisten Deputi Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator, Bidang Kemaritiman dan Investasi, Bpk. Edi Susilo.

Tidak hanya itu, Mewakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Sekretaris Dina Bpk. Doli Korengkeng, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Tomohon, Bpk. Yudhistira Siwu, SE, M.Si, Tim Tenaga Ahli Universitas Sam Ratulangi dan Unika De la Salle Manado, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, serta secara daring, Mewakili Direktur Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PPN/BAPPENAS Bpk. Muhammad Abdurrachman Rafi, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Kemenparekraf oleh Tim Kerja RIPPARNAS dan Seluruh Peserta.