MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Seminar Sejarah Dan Berdirinya Roong Tinoor, WL : Mari Lestarikan Nilai-Nilai Sejarah

0
35

Makasiow.com, Tomohon – Kelurahan Tinoor, Kota Tomohon menggelar seminar sejarah dan penetapan hari ulang tahun berdirinya Roong (Kampung) Tinoor, Senin (24/5/2021).

Digelar di BPU Kelurahan Tinoor dua, Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pemukulan tetengkoren, penyamatan tanda peserta, penandatanganan prasasti, dan penyerahan simbolis plakat seminar oleh Wakil Walikota.

Seminar sejarah dan berdirinya roong Tinoor adalah tema yang diangkat dalam kegiatan ini, dengan sub-temanya; Melalui kegiatan seminar sejarah dan berdirinya Roong Tinoor yang kemudian ditetapkan menjadi pedoman, landasan sejarah dan hari ulang tahun berdirinya Roong Tinoor, mari kita tingkatkan kerukunan, kekeluargaan dan persatuan.

Ketua Panitia seminar Stevano Purukan STh dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan adalah mewujudkan aspirasi masyarakat dan harapan masyarakat Tinoor dan HUT berdirinya Tinoor.

“Meningkatkan partisipasi publik terkait sejarah adat dan istiadat Tinoor untuk lebih disempurnakan, menguatkan peran kelembagaan dalam mengelola, memelihara dan melestarikan warisan sejarah, adat, budaya dan seni Roong Tinoor,” ungkap Purukan.

“Serta mengesahkan dan menetapkan sejarah dan HUT berdirinya Roong Tinoor secara de jure,” imbahnya.

Sementara Wakil Walikota Wenny Lumentut atas nama Pemerintah Kota Tomohon menyambut baik akan dilaksanakan seminar sejarah sekaligus akan menetapkan sejarah ulang tahun berdirinya Roong Tinoor.

“Penghargaan kepada semua pihak yang berupaya untuk menggali dan melestarikan nilai-nilai sejarah dalam perjalanan Ro’ong Tinoor untuk diwariskan kepada anak-anak cucu, sehingga mereka paham akan sejarah dan budaya daerah yang harus di lestarikan,” tutur Wenny Lumentut.

“Berdayakanlah semua kearifan lokal yang ada di Tinoor sehingga kedepan pembangun dalam berbagai bidang semakin maju, sehingga berdampak positif bagi masyarakat,” tandas Wakil Walikota Tomohon.

Hadir dalam kegiatan, Wakil ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA, Kadis Pariwisata Kota Tomohon Masna Pioh S Sos, Lurah Tinoor satu Windy Karundeng SE, Lurah Tinoor dua Jackie Rindengan SPd.

Sementara Peserta kegiatan, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh pendidikan, dan tokoh perempuan. (***/jud)