MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Richard Sualang: Sektor Ekonomi Kreatif Mampu Bertahan di tengah hantaman pandemi Covid-19

2
30

Makasiow.com, Manado – Dalam peran sebagai Wakil Walikota Manado, dr. Richard Henry Marthen Sualang atau biasa disapa dengan sebutan Richard Sualang ini menyempatkan diri untuk menjadi narsumber di IG Live bersama akun Instagram @manadopreneur.

Pada kesempatan ini Richard mendapatkan banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Host yang dipandu oleh Wulan Esther Suwu dari Manadopreneur. Saat ditanya mengenai peran pemerintah dalam membantu memajukan sektor Ekonomi Kreatif di Kota Manado, Richard menuturkan bahwa memang pelaku Ekonomi Kreatif akan cepat bertumbuh dan maju jika mendapatkan “Funding” atau Investor untuk pengembangan atau melakukan ekspansi usaha. Sebenarnya banyak ide-ide kreatif dari pelaku usaha tapi memang masih sangat terkendala dengan modal, misalnya untuk melakukan promosi.

Richard juga berharap agar pihak Perbankan secara pro aktif melakukan mendekatkan kepada pelaku Ekonomi Kreatif ini. Dikarenakan, perbankan sendiri memang memiliki target pembiayaan UMKM yang harus dicapai. Tak lupa Richard mengungkapkan, Pemerintah Kota Manado akant terus membantu menjembatani para pelaku usaha Ekonomi Kreatif dengan Investor melalui dinas-dinas terkait di lingkup Pemkot.

Memang saat ini, pemerintah di daerah masih berharap banyak dari sektor rill, akan tetapi pada skala Nasional, ekonomi kreatif terbukti mulai menjadi andalan Pemerintah, dan ia mengajak agar masyarakat Kota Manado khususnya Pelaku Ekonomi Kreatif bisa memanfaatkan momentum ini sebagai peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Manado.

Wakil Walikota Manado yang punya hobi bersepeda ini juga menyampaikan bahwa berdasarkan data dari Focus Economy Outlook 2020, ekonomi kreatif ini menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar Rp 1.100 triliun sepanjang tahun 2020. Data ini juga membuktikan bawha sektor ekonomi kreatif mampu bertahan di tengah hantaman pandemi Covid-19.

Dalam keadaan pandemi Covid -19 ini, Pemerintah Kota Manado akan terus berupaya membantu dan setidaknya akan terus memberikan bantuan untuk memulihkan keadaan bagi masyarakat khususnya Kota Manado. Kembali Richard menyampaikan bahwa sudah menjadi tugas pemerintah untuk menciptakan Ekosistem dan Regulasi yang ramah bagi para pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Manado.

Tak lupa Richard juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Manadopreneur yang telah berinisiatif mengadakan Live IG kali ini karena sekaligus menjadi sarana masyarakat dalam menyampaikan informasi, ditambah melalui Live Instagram ini, pertanyaan-pertanyaan bisa langsung dijawab dan ditanggapi.

David R