MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Wenny Lumentut Sebut Akan Segera Tindak Lanjuti Arahan Wapres Soal Penanganan Stunting

0
59

Makasiow.com, Tomohon – Menangani persoalan stunting di Indonesia, pemerintah mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) soal percepatan penurunan stunting, yang dilakukan secara virtual.

Rakornas Percepatan Penurunan Stunting tersebut mengangkat tema “Bergerak Bersama untuk Percepatan Penurunan Stunting” yang dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin

Di Kota Tomohon, Rakornas percepatan penurunan stunting tersebut, dilaksanakan di Ruangan Kominfo Mall Pelayanan Publik Pemerintah Kota Tomohon, Senin (23/08/2021).

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE bersama jajaran Pemkot Tomohon hadir dalam rapat tersebut.

Dalam kegiatan itu, arahan Wakil Presiden RI meminta pemerintah daerah memetakan kembali program dan anggaran yang terkait penurunan stunting di wilayahnya serta meminta agar pemerintah daerah dapat memetakan kembali semua program, kegiatan dan anggaran yang terkait percepatan penurunan stunting di wilayahnya

Pemetaan tersebut sangat penting untuk mengetahui program apa saja yang masih berjalan dan program apa saja yang cakupannya belum merata. Termasuk program stunting yang terhenti selama masa pandemi covid-19.

Wakil Presiden menegaskan pentingnya konvergensi dalam program percepatan penurunan stunting di Indonesia. Ia meminta agar program-program intervensi dapat dilaksanakan dan dilaksanakan secara optimal, sehingga berkontribusi pada penurunan prevalensi stunting.

Dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting ada 5 pilar utama yang penting dalam percepatan penurunan stunting.

Kelima pilar itu adalah komitmen politik dan kepemimpinan nasional dan daerah; kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku; konvergensi program pusat, daerah, dan masyarakat; ketahanan pangan dan gizi; dan monitoring dan evaluasi.

Menurut Ma’ruf Amin, Perpres juga mengamanatkan agar kerangka intervensi dirumuskan dalam rencana mengamanatkan agar kerangka intervensi dirumuskan dalam rencana aksi nasional.

“Saya meminta agar rencana aksi nasional tersebut segera disusun dengan mengacu pada 5 pilar utama tersebut di atas,” ujar Ma’ruf Amin

“Saya meminta rencana aksi nasional mendorong dan menguatkan konvergensi antar program yang selama ini sudah berjalan dan dilaksanakan. Sehingga harus disusun dan disepakati bersama,” tandas Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin

Sementara Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumenutut menegaskan Pemerintah Kota Tomohon menindaklanjuti sesuai arahan Wakil Presiden

“Tentunya, Pemerintah Kota Tomohon akan menindaklanjuti apa yang telah diputuskan dalam Rakornas ini terlebih lagi apa yang menjadi arahan dari Wakil Presiden RI,” ujar Wenny Lumenutut.

Hadir juga secara virtual bersama Wakil Walikota Tomohon beberapa Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, yaitu Plt. Kadis Kesehatan, Kaban Bapelitbangda, Kadis Sosial, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kadis PU, Kadis Dikbud dan Kadis Pengendalian Penduduk dan KB. (***)