MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Marijo! Vaksin Booster II Sudah Dilayani di Puskesmas dan Pos Vaksinasi

0
82
ilustrasi: Petugas Vaksinator saat memberikan vaksin ke warga (sehatnegeriku.kemenkes.go.id)

Manado, Makasiow News –

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023, Tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi kelompok Masyarakat Umum, yang ditetapkan oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit Pada 20 Januari 2023.

“Dalam satu sampai dua minggu kedepan, masyarakat usia lebih dari 18 tahun sudah dapat vaksin booster kedua tanpa menunggu tiket/undangan. Untuk pencatatan masih dilakukan manual sambil menunggu pcare dan peduli lindungi disiapkan” Ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Muhammad Syahril di Jakarta, seperti dilansir dari sehatnegeriku.kemenkes.go.id.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, Steaven Dandel mengatakan, untuk Kota Manado pelayanan vaksinasi booster II sudah dibuka sejak hari Sabtu, 21 Januari 2022.

“Vaksinasi booster sudah bisa bagi masyarakat umum. Silahkan ke Puskesmas atau pos-pos vaksinasi yang ada di tempat-tempat umum,” ujar dr. Steaven Dandel.

Dilansir dari Infopublik.com, vaksinasi booster II memiliki segudang manfaat, yakni:

1. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh
Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

2. Mengurangi Risiko Penularan
Tubuh seseorang yang telah divaksin akan merangsang antibodi. Tubuh akan belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut.

3. Mengurangi Dampak Berat dari Virus
Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

4. Mencapai Herd Immunity
Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah atau negara, maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus COVID-19

5. Menetralkan atau Melawan Omicron
Booster kedua atau vaksinasi keempat akan membantu menetralkan atau melawan COVID-19 varian Omicron dengan lebih efektif. Hasil penelitian di Inggris mengungkap, perlindungan akan turun menjadi sekitar 40 persen pada bulan keempat setelah vaksinasi COVID-19 dosis ketiga.

6. Meningkatkan Antibodi Lebih dari Dosis Ketiga
Mampu mengembalikan antibodi yang sudah mulai berkurang pada suntikan dosis ketiga ke tingkat lebih baik. Kata pakar kesehatan masyarakat, dan presiden ACCESS Health International, Dr. William Haseltine, studi awal menunjukkan bahwa manfaat vaksin COVID-19 dosis keempat atau Booster kedua memberikan dorongan tambahan dalam tingkat antibodi.

7. Melindungi Orang Paling Berisiko
Vaksin COVID-19 dosis keempat ini mampu melindungi orang paling berisiko terinfeksi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Booster kedua ini, mampu memberikan tingkat perlindungan yang sedikit lebih tinggi terhadap infeksi dan penyakit parah bagi mereka yang berusia 60 atau lebih dan dianggap berisiko.

Dosis keempat atau Booster kedua harus diberikan setidaknya 4 bulan setelah suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga.

Mereka yang menderita asma, obesitas, penekanan kekebalan atau auto imun, bisa mendapatkan manfaat dari dosis keempat ini.

8. Mencegah Rawat Inap dan Kematian
Faktor terpenting dari program vaksinasi COVID-19 adalah mencegah rawat inap dan kematian. Hal ini juga sudah terbukti saat masyarakat sudah melakukan booster pertama atau vaksin ketiga.

Sebuah studi pada mahasiswa menunjukkan, vaksin COVID-19 dosis ketiga mengurangi kemungkinan infeksi sebesar 52% dibandingkan dengan 2 dosis vaksin saja selama periode ketika Omicron yang menjadi dominan

(dede)