MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Ivan Welang: Keharmonisan Olly-Steven Barometer Pemimpin Muda

0
88

“Keharmonisan Olly-Steven seakan mampu membendung segala perspektif negatif tentang kebiasaan pecah kongsi Kepala Daerah dan Wakil-nya dalam memimpin daerah, sehingga seakan ada 2 matahari.”

Ivan Welang, Aktivis asal Langowan


Makasiow News – Keharmonisan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven kandouw dalam memimpin Sulawesi Utara bisa menjadi barometer bagi anak muda.

Karena menurut Aktivis asal Langowan, Ivan Welang, keharmonisan yang dipertunjukan oleh Olly-Steven telah membawa iklim sejuk dalam membangun Sulut.

“Keharmonisan Olly-Steven seakan mampu membendung segala perspektif negatif tentang kebiasaan pecah kongsi Kepala Daerah dan Wakil-nya dalam memimpin daerah, sehingga seakan ada 2 matahari,” jelasnya.

Lanjut Welang, bahkan disharomisasi bisa terjadi sejak masa-masa awal pemerintahan dan itu menggangu pembangunan sebuah daerah.

“Kita jangan meniru yang demikian. Sebagai anak muda yang masih belajar banyak hal, termasuk kepemimpinan, kita harus belajar bagaimana menempatkan posisi dan bertanggung jawab dengan porsi yang telah dipercayakan kepada kita, itu bentuk loyalitas,” katanya.

Mencontohi gaya kepemimpinan Olly-Steven dalam membangun Sulut, terlebih Steven Kandouw yang benar-benar memberikan keteladanan bagaimana bersikap sebenarnya sebagai Wakil Kepala Daerah.

“Mereka terlihat saling memahami satu dengan yang lain. Mereka bekerja dan memposisikan diri sesuai tanggung jawab masing-masing, sehingga tidak ada yang harus menonjol dan tidak perlu ada yang saling mendahului, itu yang harus kita pelajari,” ujar alumnus UKIT Tomohon ini.

Menurutnya, sering sebuah organisasi mandek karena para pemimpinnya ngekeh dengan pandangan dan pemikiran sendiri dan tidak mau membaurkan ide dan gagasan serta mempercayakan tanggung jawab pengolahannya kepada sang Ketua.

“Maka kita benar-benar harus belajar dari gaya kepemimpinan Olly-Steven bahkan bisa menjadikannya role mode dalam memimpin,” pungkasnya.

(*)