MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Ekonomi Sulut Naik 4,16 persen dari 2021, Angel Parengkuan: ODSK Pertahankan Tren Positif

0
289

“Saya menilai pak Olly berhasil dalam menjaga pertumbuhan ekonomi, meski diterjang pandemi. Bahkan kini bisa melampaui pertumbuhan Nasional.”

Angelika Parengkuan, Dosen STBM Dua Sudara


Manado, Maksiow News — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara (Sulut) mencatat Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sulut Tahun 2022 mencapai 5,42 persen.

Angka ini naik dibandingkan Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2021 sebesar 4,16 persen.

Bahkan, pencapaian Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sulut masih di atas rata-rata nasional 5,31 Persen.

Pencapaian tersebut mendapat respon positif dari Dosen Ekonomi STBM Dua Sudara, Angelika Parengkuan.

Menurutnya, kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw berhasil menjaga tren positif dalam pertumbuhan ekonomi Sulut.

“Saya menilai pak Olly berhasil dalam menjaga pertumbuhan ekonomi, meski diterjang pandemi. Bahkan kini bisa melampaui pertumbuhan nasional,” ujar Dosen cantik ini.

Kemudian, Angel, sapaan akrabnya, mengatakan tren positif tersebut bisa menjadi pijakan untuk meraih target-target besar lainnya.

“Sulut memiliki target Pertumbuhan Ekonomi di angka 5 sampai 5,7 Persen. Kemudian inflasi ditargetkan bisa tekan jadi 3 persen. Tingkat kemiskinan yang sebelumnya 6.6 persen ditargetkan tahun 2023 tinggal 5 persen. Indeks Pembangunan Manusia pun ia targetkan naik, dan Gini Rasio makin merapat. Itu saya rasa bisa terwujud,” ungkapnya.

Namun untuk mencapai target tersebut, Ia mengatakan perlu peran semua lapisan masyarakat.

“Semua harus saling bersinergi, terutama dengan kabupaten/kota agar ekonomi tumbuh merata di semua daerah dan setiap program-program kerja Pemerintah bisa terlaksana dan sampai dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

(*)