MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Lina Rompis Ajak Kaum Milenial Majukan Dunia Pendidikan Di Tomohon

0
376

Tomohon, Makasiow News- Wanita cantik bernama Lina Rompis ini, mengajak para kaum muda, untuk bersama-sama memajukan pembangunan dunia pendidikan di Kota Tomohon.

Menurutnya, sangat disayangkan jika dana pendidikan yang dianggarkan oleh Pemerintah sebesar 20 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk pendidikan tak diberdayakan sesuai yang diperuntuhkan.

Apalagi, jika para stakeholder dan masyarakat khususnya kaum muda yang kemudian tidak menyadari akan pentingnya pendidikan.

“Kita melihat perhatian Pemerintah yang selalu menganggarkan dana untuk pendidikan. Sayang jika segi kualitas pendidikan kemudian kita kurang untuk aktif belajar,” kata Sekretaris Ikatan Mahasiswa Tomohon-Unima ini di Tomohon, Selasa (02/04/23).

Mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Manado (Unima) ini mengungkapkan, anak-anak muda zaman sekarang lebih banyak dengan berfoya-foya. Bahkan, ada yang tidak mau Sekolah dan lebih memilih nongkrong serta mabuk-mabukan.

Parahnya lanjut dia, ada yang sudah memiliki anak diluar nikah dan masih pada kategori di bawah umur hanya karena faktor ekonomi sehingga mengakibatkan anak-anak putus sekolah.

“Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Tomohon juga diperlukan untuk mendorong para penerus bangsawan agar mau sekolah dan membentuk kualitas diri. Selain itu, pendampingan dan pengawasan Orang Tua sangat penting,” terangnya.

Ia juga mengajak para kaum muda milenial untuk rajin membaca. Berkaca dari data The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) minat baca di Indonesia sangatlah rendah.

“Membaca juga bagian dari pengembangan pendidikan, data UNESCO hanya 0,0001% yang berarti setiap seribu orang hanya 1 orang yang hobi baca. Nah, Perpustakaan Tomohon sendiri, sepanjang tahun 2022, ada 2060 orang yang mengunjungi Perpustakaan, itu berarti dalam sehari hanya 5 orang membaca di Perpustakaan,” ungkapnya.

Berbicara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei tambahnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dibawah kepemimpinan Wali Kota Carol Senduk, dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut lewat program-programnya, mampu menumbuhkan minat baca masyarakat Kota Tomohon bila dibandingkan dengan data UNESCO, sebab itu kita terus kembangkan minat kita.

“Lewat momen Hari Pendidikan Nasional ini saya berharap anak-anak muda lebih mengembangkan bakat dan karya dimiliki, sehingga ikut serta membangun lewat dunia Pendidikan dan Kota Tomohon akan semakin maju,” pungkasnya. (Stevanus Goni)