MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Edwin Roring Sebut Peran Budi Utomo Dalam Kebangkitan Bangsa

0
115
Sekretaris Kota Tomohon, Edwin Roring Memimpin (ist)

Tomohon, Makasiow News – Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring, S.E., M.E., menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023 di Kota Tomohon. Peringatan ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, Senin (21/05/2023).

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Kota Tomohon, dia menyampaikan beberapa poin penting.

Pertama, dia mengungkapkan bahwa 115 tahun yang lalu, persatuan Indonesia sebagai negara mulai berkobar.

Berdirinya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 merupakan penyatuan berbagai gerakan perjuangan yang sebelumnya bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh.

Menurut Roring, sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia terus maju untuk mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

“Tujuan utama kebangkitan nasional yang diemban oleh Budi Utomo, yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” katanya.

Dia juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan sebagai barisan perjuangan Indonesia dalam menghadapi tantangan di masa kini.

selain itu, pada masa kini, meskipun kemerdekaan telah diraih, baginya, barisan perjuangan harus tetap solid dan terus maju dengan semangat untuk bangkit, demi mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045.

“WHO (World Health Organization) telah mencabut status Public Health of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 pada tanggal 5 Mei 2023. Hal ini dianggap sebagai momentum untuk membangun semangat kebangsaan dalam bangkit pasca pandemi,” Ujarnya setelah membacakan sambutan mewakili Plt. Menteri Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia.

Sambutan tersebut juga mencatat beberapa capaian Indonesia, seperti pertumbuhan ekonomi yang mengalami peningkatan dan kepemimpinan Indonesia dalam forum internasional, seperti G20 dan ASEAN.

Tampak seluruh pegawai negeri sipil (PNS), tenaga kontrak, dan pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon turut hadir dalam upacara tersebut.

Selain itu, Dandim 1302 Minahasa yang diwakili oleh Letnan Dua Inf. Deni Pailah, Kapolres Tomohon yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol. Nofri Maramis, S.H., S.I.K., serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon juga turut hadir dalam peringatan tersebut.

(Stefanus Goni)