MarijoTorangBaDaftar
IMG-20241022-WA0008
1692719152-img20241022wa0226
previous arrow
next arrow

Transformasi Kesehatan: Walikota Tomohon Caroll Senduk Resmi Buka Kegiatan Germas

0
12

Tomohon, Makasiow.com – Walikota Tomohon Caroll J. A. Senduk, SH, membuka resmi kegiatan Pertemuan Koordinasi Mitra yang bertujuan mendukung pelaksanaan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Grand Master Villa Tomohon, Kamis (12/9/2024). Acara ini dihadiri oleh 44 Ketua TP-PKK Kelurahan se-Kota Tomohon.

 

Dalam sambutannya, Walikota Senduk menekankan bahwa pembangunan kesehatan adalah tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa. Ia menjelaskan bahwa saat ini Indonesia mengalami transisi epidemiologi, di mana penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, dan diabetes menjadi penyebab utama kematian dan kesakitan, menggantikan penyakit menular seperti TB dan diare yang dominan pada tahun 1990-an. Perubahan pola penyakit ini berdampak pada meningkatnya biaya pelayanan kesehatan, menurunnya produktivitas masyarakat, dan menurunnya daya saing negara.

 

“Penyakit Tidak Menular (PTM) saat ini dapat menyerang bukan hanya usia tua tetapi telah bergeser ke usia muda, dari semua kalangan kaya dan miskin baik tinggal di kota maupun di desa. Hal ini disebabkan masyarakat semakin maju, informasi dan transportasi yang semakin mudah dan merubah gaya hidup masyarakat,” kata Senduk. 

 

Caroll Senduk juga menyoroti pentingnya penerapan Germas, yang meliputi aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, larangan merokok dan alkohol, serta pemeriksaan kesehatan rutin, sebagai langkah strategis untuk mencegah penyakit kronis yang dapat mengganggu produktivitas kerja. ”Melalui kegiatan ini saya menghimbau kepada kita semua agar dapat membantu pemerintah dalam mensosialisasikan dan mengajak masyarakat di wilayah masing-masing dalam menerapkan Germas dalam kehidupan sehari-hari,” jelas walikota.

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Narasumber Staf seksi Promosi Kesehatan dan Asmita Baganu SST selaku Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Perwakilan PKK Kota Tomohon dr. Amelia Posumah, Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr. John Lumopa M.Kes, dan para peserta Kegiatan.